Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Riau

DESKRIPSI LABORATORIUM

Fakultas Pertanian merupakan salah satu Fakultas di Universitas Riau yang berdiri pada tahun 1993. Salah satu jurusan yang ada di Fakultas Pertanian yaitu Jurusan Agroteknologi. Pada tahun 2016, Jurusan Agroteknologi membentuk sepuluh laboratorium di antaranya yaitu Laboratorium Tanah, Laboratorium Penyakit, Laboratorium Hama, Laboratorium Bioteknologi, Laboratorium Pemuliaan, Laboratorium Ekofisiologi, Laboratorium Produksi Tanaman, Laboratorium Mekanisasi, Laboratorium Lapangan Tanah Gambut dan Mineral, dan Laboratorium Komputer. Laboratorium Lapangan Tanah Gambut dan Mineral berlokasi di kebun Rimbo Panjang Kabupaten Kampar. Luas lahan ini yaitu ± 15 Ha di mana ± 7 Ha telah dimanfaatkan oleh pihak Universitas Riau khususnya Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian di antaranya yaitu:
  1. Kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa maupun dosen Jurusan Agroteknologi baik tanaman perkebunan, tanaman pangan, maupun hortikultura;
  2. Kegiatan Praktek Kerja Profesi (PKP) mahasiswa Jurusan Agroteknologi yang selalu diadakan antara bulan Maret-Mei setiap tahunnya;
  3. Kegiatan pengenalan mahasiswa baru di Jurusan Agroteknologi sebagai upaya pengenalan mahasiswa baru pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian.
Sebanyak ± 8 Ha lagi lahan yang belum termanfaatkan, dan diharapkan dapat dikelola oleh pihak Universitas Riau yang nantinya akan direncanakan untuk pengembangan kegiatan penelitian, salah satunya berupa penanaman klon unggul tanaman karet. Hal ini sangat berkaitan sekali dengan visi dari Program Studi Agroteknologi yaitu Menjadi pusat pendidikan yang profesional dan terkemuka di bidang Agroteknologi di Indonesia tahun 2035, dalam upaya pengembangan potensi Pertanian dan Perkebunan Ekosistem Sub-optimal secara seimbang dan berkelanjutan serta menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang Agroteknologi dan mampu bersaing dalam dunia kerja”. Oleh sebab itu, Laboratorium ini merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang tercapainya visi dan misi tersebut. VISI   Visi Laboratorium Lapangan Tanah Gambut dan Mineral pada dasarnya merupakan acuan jangka panjang dengan mendasarkan agar tercapainya visi Program Studi Agroteknologi Universitas Riau yakni : “Menjadi lembaga profesional dan terkemuka di bidang pendidikan, pelatihan dan riset dalam upaya pengembangan potensi pertanian dan perkebunan ekosistem sub-optimal secara seimbang dan berkelanjutan” MISI Berdasarkan visi di atas, maka disusunlah misi dari Laboratorium Lapangan Tanah Gambut dan Mineral, yakni :
  1. Melaksanakan pelayanan pendidikan khususnya bidang pertanian dan perkebunan pada ekosistem sub-optimal.
  2. Melaksanakan fungsi pengembangan penelitian khususnya bidang pertanian dan perkebunan pada ekosistem sub-optimal.
  3. Melaksanakan pengabdian yang mendukung pengembangan IPTEK terapan.
TUJUAN Sejalan dengan visi dan misi tersebut di atas, maka Laboratorium Lapangan Tanah Gambut dan Mineral memiliki tujuan untuk :
  1. Melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis potensi pertanian dan perkebunan pada ekosistem sub-optimal.
  2. Pusat pengembangan penelitian yang berbasis ekosistem sub-obtimal.
  3. Pusat pengembangan keterampilan mahasiswa dibidang pertanian dan perkebunan di ekosistem sub-optimal.
STRUKTUR LABORATORIUM            
Ketua              : Yunandra, S.Pi., M.Si.            
Anggota          : Bambang Hermanto, A.md
KEGUNAAN LABORATORIUM
  1. Melaksanakan proses pembelajaran melalui pelaksanaan praktikum untuk mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Lingkungan Fakultas Pertanian, Lingkungan Universitas Riau dan luar Universitas Riau.
  2. Melaksanakan proses pembelajaran melalui Praktek Kerja Profesi setiap tahunnya untuk mahasiswa Program Studi Agroteknologi
  3. Melaksanakan pelayanan penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa khususnya di Program Studi Agroteknologi maupun bidang lain di Fakultas Pertanian, dan mahasiswa lainnya baik dari lingkungan Universitas Riau maupun luar Universitas Riau.
  4. Sarana untuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian staf pengajar di Lingkungan Program Studi Agroteknologi.