Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Riau

Laboratorium Pemuliaan Tanaman merupakan salah satu dari 8 laboratorium yang ada pada jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Riau. Laboratorium ini merupakan pengembangan dari laboratorium Pemuliaan Tanaman dan Teknologi Benih pada program D3 fakultas non gelar dan teknologi. Laboratorium ini dibuka pada tahun 1995, bersamaan dengan terbentuknya Fakultas Pertanian. Gedung Laboratorium Pemuliaan Tanaman merupakan sumbangan dari Pemda Riau yang merupakan gabungan dari  Laboratorium Tanaman dan Laboratorium Ekofisiologi.

Laboratorium Pemuliaan Tanaman memiliki peranan penting dalam pengembangan ilmu dan teknologi di bidang pemuliaan tanaman. Laboratorium ini merupakan laboratorium pendidikan dan riset, dimana kegiatan praktikum dari mata kuliah yang berada dibawah Laboratotium Pemuliaan Tanaman dilaksanakan. Adapun mata kuliah yang ada di laboratorium Pemuliaan Tanaman adalah Teknologi Benih, Produksi dan Pengolahan Bebih, Pemuliaan Tanaman dan Genetika. selain itu laboratorium Pemuliaan Tanaman berperan dalam pengembangan sains dan teknologi dengan riset-riset atau pengujian yang berkaitan dengan ilmu pemuliaan tanaman.

Peningkatan kualitas dan mutu Laboratorium Pemuliaan Tanaman telah diupayakan dengan memaksimalkan alat-alat yang tersedia untuk kegiatan praktikum dan penelitian. Selain itu, adanya bantuan dana penelitian untuk Laboratorium sangat membantu terlaksananya kegiatan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa. Diharapkan dengan adanya tambahan dana yang lain untuk pembelian alat-alat yang belum ada dan untuk penelitian labor, sehingga dosen-dosen yang berada di dalam laboratorium Pemuliaan Tanaman lebih terpacu untuk melakukan penelitian yang lebih berkualitas dan dapat memenuhi beban kinerja dosen. Di masa yang akan datang diharapkan Laboratorium Pemuliaan dapat berfungsi sebagai sumber informasi teknologi dan wadah membentuk mahasiswa yang kreatif dan terampil dalam meningkatakan pembangunan pertanian.

VISI DAN MISI LABORATORIUM

Visi

Visi Laboratorium Pemuliaan Tanaman adalah sebagai laboratorium yang dapat mengembangakan ilmu dan teknologi di bidang pemuliaan tanaman yang berbasis riset dan menghasilkan tenaga ahli terampil serta sebagai pusat informasi teknologi yang bermanfaat untuk pengembangan pengetahuan dan pembangunan pertanian dalam bidang Pemuliaan Tanaman.

Misi

Untuk dapat mencapai visi tersebut, maka laboratorium Ekofisiologi Tanaman mengembangkan misi sebagai berikut;

  1. Melakukan penelitian-penelitian bidang pemuliaan tanaman secara periodik dan bersinambungan
  2. Membentuk mahasiswa yang terampil dan berpengetahuan dalam bidang Pemuliaan
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dan mampu berkontribusi dalam pembangunan pertanian.
  4. Mengahasilkan inovasi teknologi pertanian yang dapat memacu peningkatan pembangunan pertanian.
  5. Melaksanakan pengembangan staff, sarana dan prasarana, infrastruktur laboratorium sehingga dapat menunjang penelitian mahasiswa dan dosen.

 

ORGANISASI PERSONALIA LABORATORIUM

Organisasi personalia Laboratorium Ekofisiologi Tanaman, Jurusan Agroteknologi, Universitas Riau, terdiri dari;

Kepala Laboratorium : Ir. Elza Zuhry, MP

Laboran : Telphy Utami, SP

 

MATA KULIAH LABORATORIUM

Di Laboaratorium Pemuliaan Tanaman terdapat 4 mata kuliah yang merupakan kopetensi  dari kegiatan penelitian dan pembelajaran di laboratorium ini. Mata kuliah tersebut ialah Teknologi Beni, Genetika, Pemuliaan Tanaman dan Produksi dan Pengolahan Benih.

 

HASIL-HASIL  PENELITIAN LABORATORIUM

Beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan di laboratorium Ekofisiologi Tanaman diantaranya sebagai berikut.

  1. Respon pertumbuhan bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis) pada Medium Gambut dengan berbagai periode penggenangan (Dana DIPA 2011).
  2. Identifikasi potensi hasil-hasil penelitian pengembangan kelapa sawit fakultas pertanian Universitas Riau (Dana DIPA 2011).
  3. Pemanfaatan CMA pada media berbeda untuk pertumbuhan dan perkembangan bibit kelapa sawit (Dana DIPA 2011).
  4. Pertumbuhan dan produksi beberapa varietas lokal padi sawah (Oryza sativa ) yang ditanam dengan metode SRI di desa Padang Mutung Kabupaten Kampar (Dana DIPA 2012).
  5. Pertumbuhan dan produksi beberapa varietas unggul padi sawah (Oryza sativa ) yang ditanam dengan metode SRI di desa Padang Mutung Kabupaten Kampar (Dana DIPA 2012).

 

PELATIHAN YANG DAPAT DILAKUKAN DI LABORATORIUM

Sebutkan pelatihan yang dapat dilakukan di laboratorium, baik yang sedang berjalan atau sebagai tawaran kesanggupan laboratorium mengadakan pelatihan yang akan datang, dapat berupa:

  1. Pelatihan penggunaan alat dan menganalisis sampel penelitian
  2. Cara menganalisis data dan pembacaan analisis data