Visi dan Misi Program Studi Agroteknologi

Visi

Visi Program Studi Agroteknologi yaitu ”Menjadi pusat pendidikan yang profesional dan terkemuka bidang Agroteknologi pada pertanian dan perkebunan ekosistem sub-optimal di Asia Tenggara tahun 2035”. Visi ini
dijabarkan dari visi Fakultas Pertanian yaitu “Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam pengembangan pertanian berbasis sumber daya lokal di Asia Tenggara tahun 2035 dan visi Universitas Riau yaitu “Menjadi universitas riset unggul bermartabat di bidang sains dan teknologi di kawasan Asia Tenggara tahun 2035”

Misi

Misi Program Studi Agroteknologi adalah sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran mahasiswa Agroteknologi yang mandiri, dan peka terhadap perkembangan ilmu pertanian khususnya di bidang Agronomi, Ilmu Tanah dan Perlindungan Tanaman.
2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk menyelesaikan permasalahan pertanian dan perkebunan pada ekosistem sub-optimal.
3. Memberikan kontribusi terhadap perkembangan bidang ilmu Agroteknologi, terutama komoditas perkebunan dan pangan yang kontributif untuk kepentingan masyarakat tani dan instansi lingkup pertanian dan perkebunan melalui pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

Tujuan Program Studi Agroteknologi adalah sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan yang handal dan profesional dalam bidang agroteknologi yang mampu mengembangkan diri terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, paham terhadap kebutuhan dan prinsip-prinsip pembangunan pertanian berkelanjutan, mampu bersaing di dunia kerja secara
global dan memiliki kapasitas akademik dan keahlian yang cukup untuk melanjutkan studi S2 dan S3.
2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul di bidang pertanian dan perkebunan melalui penyelenggaraan penelitian bermutu.
3. Menghasilkan sistem kebijakan dan teknologi tepat guna yang unggul dan kompetitif di bidang pertanian dan perkebunan yang mampu mendukung pembangunan masyarakat madani.